icon Cara Memperbaiki Postur Tubuh Ideal Agar Tidak Bungkuk, Coba yuk! Loncat ke konten
Cara Memperbaiki Postur Tubuh Ideal Agar Tidak Bungkuk, Coba yuk!

Cara Memperbaiki Postur Tubuh Ideal Agar Tidak Bungkuk, Coba yuk!

on

 

Ketika kita masih kecil, orang tua kita selalu menyuruh kita untuk duduk tegak. Namun masalahnya, kebanyakan orang mengabaikan nasihat tersebut dan malah duduk bungkuk

Kita sering kali duduk bungkuk atau membiarkan postur buruk saat beraktivitas, misalnya menulis, mengetik di komputer, merajut, nonton televisi, dan lainnya. 

Padahal, sudah seharusnya kita mencegah punggung mengalami  skoliosis/ scoliosis akibat duduk bungkuk. Lantas apa sih ciri-ciri duduk tegak dan bagaimana memperbaiki postur bungkuk? Mari kita cari tahu di bawah ini!


Ciri-ciri Postur Tegak/ Postur Baik

 

Postur tubuh yang benar adalah terdapat keselarasan bagian-bagian tubuh secara alami sehingga terhindar dari skoliosis, tulang miring, hingga saraf kejepit dan nyeri saat duduk. 

Postur badan yang tegak membuat tubuh kita dalam keadaan rileks. Dalam kondisi inilah sistem pada tulang, otot, dan tendon pendukung berada dalam keadaan sejajar secara alami ketika berdiri atau duduk. Tulang belakang memiliki peran penting dalam menjaga postur tubuh kita.

Jika dilihat dari samping, tulang belakang kita memiliki tiga lekukan alami, yaitu: 

  • Pertama, di area leher, tempat tulang belakang melekuk ke dalam.
  • Yang kedua adalah area dada atau punggung atas, tempat tulang belakang melengkung ke luar.
  • Yang ketiga adalah daerah lumbar atau punggung bawah, tempat tulang belakang kembali melekuk ke dalam.

Postur tubuh yang baik adalah ketika tulang belakang, otot, dan tendon menopang tubuh kita dengan ketegangan yang minimal. 

Jika kita punya postur bungkuk, lengkungan alami tulang belakang akan terganggu dan memberikan tekanan berlebih pada leher serta punggung.


Apa saja penyebab postur tubuh yang buruk (postur bungkuk)?

 

Tanda-tanda postur buruk adalah jalan dan duduk membungkuk, punggung melengkung, lutut menekuk, tulang belikat melengkung ke belakang, otot perut lemah, dan kepala membungkuk ke depan. 

Terkadang kita tidak menyadari duduk atau berdiri dengan posisi yang salah. Postur tubuh yang buruk dapat disebabkan oleh:

  • Kurangnya pengetahuan tentang postur tubuh yang benar
  • Sering membawa ransel yang berat sehingga bisa menyebabkan postur bungkuk.
  • Membawa tas laptop di punggung juga dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk
  • Menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer atau tablet untuk bekerja tanpa penataan meja dan kursi yang tepat
  • Kelemahan otot
  • Masalah sendi

Tips memperbaiki dan mencegah postur bungkuk dengan langkah sederhana

 

Postur tubuh yang benar meningkatkan aliran darah ke tulang dan persendian kita. Selain itu, tulang tegap juga menjaga saraf tetap sehat. 

Sebaliknya, jika postur duduk tidak tepat bisa menyebabkan sakit leher dan terasa sakit menjalar di punggung saat duduk.

Akan tetapi, mempertahankan duduk tegak dibutuhkan kemauan dan usaha yang terus-menerus sebagai keseharian kita. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti agar memperbaiki postur tubuh yang ideal:


1. PC Chair yang ergonomis

 

Meja kerja atau ruang kantor yang ergonomis akan mendorong postur tubuh ideal. Hal ini dapat mengoptimalkan kenyamanan dan membantu mengurangi rasa nyeri saat duduk (atau berdiri) saat bekerja. 

Ada beberapa cara sederhana menciptakan tempat kerja yang ergonomis. Misalnya, menyediakan PC Chair atau kursi nyaman untuk mendukung lengkungan alami tulang belakang agar bisa duduk tegak seperti postur corrector JACO. Kursi kesehatan ini dapat membantu mempertahankan postur tubuh yang baik selama bekerja. 

Desain PC Chair JACO disesuaikan bentuk tulang belakang, jadi tetap nyaman meski duduk lama. Cocok untuk Anda yang sering bekerja kantoran, belajar, berkendara, atau duduk santai sambil tetap menjaga lengkungan alami tulang belakang yang ideal. Selain itu, PC Chair mampu menopang postur tubuh untuk mengurangi rasa nyeri atau pegal pada saat Anda duduk lama.


2. Bergerak lebih sering

 

Menurut penulis buku Exercises for Perfect Posture, William Smith, tubuh kita tidak diciptakan hanya untuk duduk selama berjam-jam. Oleh karena itu, jika ingin mencegah atau mengatasi nyeri saat duduk lama, cobalah mengatur pengingat di ponsel untuk meregangkan otot dan berjalan setiap 30 menit sekali.

Bergerak membantu melancarkan peredaran sirkulasi darah, membawa oksigen dan nutrisi ke otot. Tentunya hal ini dapat meningkatkan mobilitas dan kekuatan pada bagian tubuh yang membantu postur tubuh. 


3. Latihan ringan/ olahraga teratur 

 

Tahukah Anda berolahraga seperti latihan press-up ringan atau mendorong pintu dapat melatih kestabilan tulang belakang. Selain itu, Anda bisa menggunakan resistance band untuk membangun kekuatan otot di antara tulang belikat yang membuat postur tubuh tegap dan tidak bungkuk. 


4. Latihan Pernapasan

 

Selain dengan PC Chair, duduk dengan nafas yang telah terlatih juga bisa membantu duduk tegak. Latihan pernapasan ini akan membantu menata kembali tulang belakang ke bentuk lengkungan alaminya.

Untuk itu, Anda perlu mengambil napas dalam-dalam dan tulang belakang harus dalam posisi yang benar. Berikut langkah-langkahnya:

 

    Ambil nafas dalam-dalam:
      • Duduk tegak atau berdiri dengan nyaman.
      • Ambil napas dalam-dalam melalui hidung.
      • Tarik napas panjang untuk memenuhi paru-paru dengan oksigen.

       

        Posisi tulang belakang yang benar:
          • Pastikan tulang belakang tegak dan tidak membungkuk.
          • Hal ini akan membantu latihan pernapasan lebih efisien.

          Gerakkan tulang rusuk:
          • Ketika bernapas, gerakkan tulang rusuk agar ikut melatih otot-otot pernapasan dengan baik.

          Visualisasi nafas:
          • Saat bernapas, visualisasikan udara masuk ke perut terlebih dulu, kemudian, kembangkan nafas ke dada.
          • Keluarkan udara dari mulut perlahan-lahan.

           


          5. Peregangan otot dada

           

          Otot dada dan leher yang kaku dapat berkontribusi pada tulang bungkuk. Cobalah peregangan dengan cara melebarkan dada dan rentangkan kedua tangan. Perlahan-lahan condongkan tubuh ke belakang sehingga Anda bertumpu pada bagian otot punggung dan pinggang belakang. 

          Kemudian, tarik siku ke belakang pelan-pelan dan wajah menengadah ke atas. Tahan peregangan ini selama 15-30 detik dan ulangi beberapa kali untuk hasil yang optimal. 

          ***

          Itulah beberapa tips sederhana memperbaiki postur tubuh agar tidak bungkuk. Bagi Anda yang ingin mengatasi nyeri saat duduk karena posisi postur salah ketika bekerja, sekarang saatnya mengenal produk rekomendasi penunjang postur duduk PC Chair JACO. 

          Kursi tegak JACO merupakan postur corrector chair yang dapat membantu memperbaiki kelainan tulang belakang. Menjaga bahu dan tulang belakang tetap sehat agar tidak bungkuk. Sangat cocok bagi Anda yang sering bekerja di depan komputer atau duduk lama agar tidak mudah pegal serta mengurangi risiko saraf terjepit. 

          Postur tubuh jadi lebih tegap, sehat, dan indah. Bisa juga untuk mendukung pertumbuhan anak lebih maksimal. Yuk, order sekarang dan dapatkan promo harga PC Chair JACO spesial untuk Anda!

            Tinggalkan pemikiran Anda di sini

            Harap dicatat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

            Related Posts

            January 31, 2024
            Alasan Penting Pakai Sandal Refleksi dengan Titik Refleksi Empuk

            Sandal refleksi terapi kesehatan merupakan sandal inovatif yang memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada kaki. Dengan efek tekanan...

            Baca lebih lanjut
            January 29, 2024
            Sandal Refleksi Empuk Bikin Aktif Bergerak Meski Berusia Lanjut

            Kata siapa usia tua itu menjadi alasan untuk berhenti menjalani hobi? Justru sebaliknya, tak peduli berapapun usia kita,...

            Baca lebih lanjut
            Drawer Title
            Coupon
            Produk Serupa