icon 6 Cara Menjaga Kesehatan Lutut Agar Tidak Mudah Sakit Dan Tetap Kuat Loncat ke konten
6 Cara Menjaga Kesehatan Lutut Agar Tidak Mudah Sakit Dan Tetap Kuat

6 Cara Menjaga Kesehatan Lutut Agar Tidak Mudah Sakit Dan Tetap Kuat

on

Cara menjaga kesehatan lutut bukan hanya harus dilakukan oleh setiap orang yang sudah lanjut usia atau lansia. Mengingat lutut adalah bagian tubuh yang sangat penting sehingga membutuhkan perawatan yang lebih. Lutut juga menjadi bagian rawan bagi setiap orang dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Pada umumnya, lutut memiliki fungsi yang begitu besar dalam menopang tubuh. Tapi, seringkali luput dari kurangnya perhatian. Yang mana seseorang akan tersadar ketika lututnya telah mengalami masalah, dan pada akhirnya hal tersebut akan mengganggu aktivitas sahabat Jaco sendiri.

Menjaga kesehatan sendi menjadi suatu hal yang perlu dilakukan bagi semua orang. apalagi mereka yang mengalami penyakit arthritis. Yang mana hal ini akan mengurangi rasa sakit di bagian sendi. Tapi, penyakit seperti ini bukan berarti akan membuat kita mengobati atau operasi di masa yang akan datang.

Dalam hal ini, sahabat Jaco perlu memperhatikan tentang cara menjaga kesehatan lutut dengan baik dan benar. Bagi sahabat Jaco yang ingin menjaga kesehatan lututnya, maka pastikan sahabat Jaco mengikuti 6 cara yang sudah disusun rapi seperti berikut ini.

1. Squat dengan Baik & Benar

Squat sangat baik dalam membangunkan otot, namun apabila sahabat Jaco melakukan squat dengan cara yang salah, maka hal tersebut bisa mengakibatkan nyeri lutut menjadi lebih parah. Jadi sangat disarankan untuk melakukan squat dengan baik dan benar demi menjaga kesehatan lutut sahabat Jaco.

Yang dapat dilakukan oleh sahabat Jaco agar bisa memastikan kalau kegiatan squat yang dilakukan itu sudah benar adalah, ketika menurunkan diri untuk berjongkok, sahabat Jaco harus bisa melihat jari-jari kaki sahabat Jaco sendiri.

Usahakan untuk menghindari lutut sahabat Jaco yang terlalu jauh ke samping atau ke depan. Akan menjadi lebih baik sahabat Jaco melakukannya seolah-olah sedang duduk di toilet atau duduk di sebuah kursi. Ini adalah cara menjaga kesehatan lutut yang perlu diperhatikan bagi orang awam.

2. Jalan Kaki di tiap Hari

Cara menjaga kesehatan lutut yang baik dan benar, dimana sahabat Jaco dapat melakukannya mulai dari berjalan kaki di setiap harinya. Cara yang seperti ini cukup simpel dan tidak menguras banyak tenaga dan biaya dalam menjaga kesehatan lutut sahabat Jaco sendiri.

Perlu sahabat Jaco perhatikan kalau melakukan kegiatan yang berlebihan di tiap hari bisa menyebabkan rasa sakit lutut menjadi lebih serius. Atau mempunyai gaya hidup yang sedikit bergerak memiliki masalah yang sama terhadap kesehatan lutut sahabat Jaco.

Jadi, mulai dari sini sahabat Jaco dapat mengambil tindakan untuk berjalan. Pasalnya berjalan kaki merupakan suatu cara yang sangat bagus dalam menahan beban serta berdampak rendah.

Hal yang seperti ini bukan hanya membantu tubuh di bagian bawah menjadi sehat, tapi bisa meningkatkan daya tahan dari kardio dalam menjaga kesehatan yang menyeluruh. Inilah yang menjadi alasan kenapa berjalan kaki adalah salah satu cara yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan lutut.

Sahabat Jaco dapat mencoba untuk menggerakkan tubuhnya dengan berjalan kaki semaksimal mungkin dalam cara menjaga kesehatan lutut. Kapanpun dapat dilakukan oleh sahabat Jaco, hanya saja memperhatikan jam sibuk sahabat Jaco. Lebih disarankan untuk melakukannya pada waktu pagi atau matahari baru keluar.

3. Turunkan Berat Badannya

Bagaimana cara menjaga kesehatan lutut yang baik dan benar? Salah satunya adalah sahabat Jaco dapat memperhatikan dan menurunkan berat badannya. Pada tempurung lutut terdapat struktur cartilage atau tulang rawan dan meniscus dengan fungsinya sebagai bantalan agar tidak bergesekan antar tulang paha dengan tungkai.

Semakin berat tubuh sahabat Jaco, maka semakin berat juga beban yang akan ditanggung oleh lutut. Alhasil, lama-kelamaan bisa membuat tulang rawannya menjadi lebih tipis. Maka dari itu, orang yang kelebihan berat badannya ataupun obesitas, biasanya akan cepat mengalami pengapuran atau osteoarthritis.

Semakin tipis tulang rawannya, maka ini akan membuat pergerakannya makin berbunyi. Sudah tak heran lagi, jika kita berkonsultasi ke dokter, biasanya dokter akan menghimbau untuk menurunkan berat badan. Jika tidak mengurangi berat badannya, rasa nyeri yang ada di lutut biasanya akan menjadi lebih sulit hilang.

Yang harus diperhatikan oleh sahabat Jaco adalah mereka yang mungkin kelebihan berat badan atau obesitas, selain mengatur program diet atau pola makan, mereka juga harus melakukan kegiatan yang berupa yoga, bersepeda dan kegiatan yang low impact.

Secara umum, olahraga yang termasuk dalam high impact, dimana ini akan membuat kesehatan lutut makin terganggu. Pasalnya lutut akan semakin terbebani, karena beban yang ditanggung badan kita akan semakin berat.

4. Memperhatikan Postur Tubuh

Perlu diperhatikan kalau postur tubuh yang tidak baik dan buruk, misalnya pada saat berdiri, duduk atau berjalan yang kurang tepat, maka ini akan menimbulkan beban yang lebih besar di sendi. Hingga pada akhirnya akan menimbulkan rasa sakit serius yang dapat mengganggu aktivitas sahabat Jaco.

Maka dari itu, dalam cara menjaga kesehatan lutut sahabat Jaco harus biasakan untuk berdiri atau duduk dengan keadaan yang tetap tegak. Ketika sahabat Jaco duduk, maka punggung dengan kedua bahunya harus lurus, sedangkan kedua telapak kakinya harus menyentuh lantai.

Selain itu, sahabat Jaco harus mengubah posisi atau gaya sehingga otot lutut tidak merasa kaku dan tegang. Hindari duduk dengan menggunakan bantal yang terlalu tinggi dan hindari juga duduk dengan posisi yang menyamping dengan waktu yang lama.

5. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Cara menjaga kesehatan lutut bisa juga dengan sahabat Jaco mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein, kalsium, selenium, antioksidan dan vitamin D.

Makanan yang bergizi dan baik dalam menjaga kesehatan lutut biasanya akan terdiri dari ikan, biji-bijian yang utuh, susu, sayur, kacang-kacangan dan teh hijau. Beberapa makanan tersebut dapat menjaminkan kalau sendi atau lutut sahabat Jaco akan tetap sehat.

6. Manfaatkan Alat Terapi Lutut

Yang terakhir, cara menjaga kesehatan lutut yang baik dan benar, dimana sahabat Jaco dapat menggunakan alat terapi, seperti Joint Care. Alat ini juga dapat membantu sahabat Jaco dalam mengatasi masalah atau gangguan lutut.

Pijatan serta getaran yang ada berfungsi untuk memberikan lutut relaksasi hingga mengurangi rasa sakit, tegang dan kaku di sendi. Memiliki fitur sinar inframerah dengan fungsinya untuk melancarkan peredaran darah.

Tapi, untuk mendapatkan hasil maksimal, usahakan sahabat Jaco menggunakannya dengan rutin. Pemakaian yang rutin bisa mengurangi rasa sakit lutut bagi usia muda maupun lansia, mencegah radang di sendi hingga membantu pemulihan rasa sakit sendi akibat kecelakaan.

Selain cocok untuk kesehatan sendi, ternyata Joint Care juga sangat cocok untuk mereka yang menderita asam urat, pengapuran, rematik dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi alasan kenapa Joint Care merupakan produk terbaik untuk kesehatan lutut sahabat Jaco.

Pijatan dan juga getarannya berfungsi untuk merelaksasi sehingga mengurangi rasa sakit, kaku serta tegang pada bagian sendir, seperti lutut, bahu dan siku. Joint Care juga mempunyai Sinar Inframerah, yang mana ini dapat melancarkan sistem peredaran darah dengan pemakaian yang rutin.

Selain itu, Joint Care juga memiliki 3 jenis terapi yang berbeda dengan penggunaan yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang menggunakannya. Coba perhatikan ketiga jenis terapi yang ada dibawah ini.

  • Terapi Getaran - Terapi pijat 4 mode getaran yang dapat disesuaikan dengan fungsinya untuk merelaksasi otot dan saraf yang tegang pada bagian persendian.
  • Terapi Panas - Terapi panas dengan suhunya yang berkisaran 40 hingga 65 derajat celcius dengan fungsinya untuk mencegah rasa nyeri dan tidak nyaman pada persendian.
  • Terapi Sinar Inframerah - Ini adalah jenis terapi Joint Care yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah pada bagian persendian.

Dengan menggunakan alat Joint Care maka anda bisa merasakan kesehatan yang terbaik pada persendian, baik itu lutut, siku maupun bahu anda. Perlu diketahui juga kalau Joint Care juga termasuk pada standar pembuatan internasional serta aman digunakan tanpa adanya efek samping.

Di akhir pembahasan cara menjaga kesehatan lutut, sahabat Jaco harus memperhatikan beberapa cara diatas dan ikutilah dengan rutin tiap caranya. Mengingat menjaga kesehatan lutut bukan suatu cara yang mudah, jadi sahabat Jaco dapat manfaatkan Joint Care untuk memudahkan dalam menjaga lutut agar tetap sehat.

    Tinggalkan pemikiran Anda di sini

    Harap dicatat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Related Posts

    January 31, 2024
    Alasan Penting Pakai Sandal Refleksi dengan Titik Refleksi Empuk

    Sandal refleksi terapi kesehatan merupakan sandal inovatif yang memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada kaki. Dengan efek tekanan...

    Baca lebih lanjut
    January 29, 2024
    Sandal Refleksi Empuk Bikin Aktif Bergerak Meski Berusia Lanjut

    Kata siapa usia tua itu menjadi alasan untuk berhenti menjalani hobi? Justru sebaliknya, tak peduli berapapun usia kita,...

    Baca lebih lanjut
    Drawer Title
    Coupon
    Produk Serupa