icon Mata Minus pada Anak dan Remaja, Kenali Penyebab dan Cara Terapi Mata Loncat ke konten
Mata Minus pada Anak dan Remaja, Kenali Penyebab dan Cara Terapi Mata Minus

Mata Minus pada Anak dan Remaja, Kenali Penyebab dan Cara Terapi Mata Minus

on

Ingin mengurangi mata minus pada buah hati? Sebenarnya mata minus alias rabun jauh merupakan masalah penglihatan yang umum dialami anak-anak usia 6 – 14 tahun. Terlebih lagi, di zaman sekarang, anak-anak sejak lahir sudah mengenal gadget canggih seperti, smartphone, tablet, komputer, smart TV, dan sebagainya. Mungkin sudah tidak mengejutkan jika sakit mata minus sering mempengaruhi kesehatan penglihatan anak dan remaja. 

Seiring waktu, apabila tidak segera ditangani mata minus akan semakin bertambah. Oleh karena itu, orangtua perlu mencegah sakit mata minus agar tidak meningkat. Salah satunya adalah melakukan terapi mata minus

Yuk, kita cari tahu informasi yang perlu diketahui tentang mata minus dan cara terapi mata minus melalui ulasan berikut! 


Penyebab Mata Minus/ Rabun Jauh

 

Rabun jauh adalah kondisi di mana penglihatan menjadi buram ketika melihat objek atau benda yang letaknya jauh, misalnya berjarak 2-3 meter. Hal ini bisa terjadi karena pada saat cahaya memasuki mata, sinarnya tidak akurat mencapai retina. Itulah mengapa, ketika melihat objek jauh akan tampak kabur, sedangkan objek yang dekat terlihat jelas. 

Seiring waktu bisa saja anak mengalami sakit mata minus karena kebiasaan sehari-hari yang buruk bagi mata. Contohnya membaca buku di ruangan yang minim cahaya, bermain game komputer berjam-jam, membaca buku sambil tidur-tiduran, dll. 

Apakah anak Anda mengalami rabun jauh? Coba cek ciri-cirinya berikut:

  • Keluhan penglihatan buram saat melihat papan tulis di sekolah
  • Sering mengedipkan mata agar bisa melihat lebih baik
  • Sering menggosok-gosok mata
  • Sering mengalami sakit kepala
  • Anak kerap menyipitkan mata ketika melihat objek yang jauh

Untuk mendapatkan pemeriksaan penglihatan, Anda bisa membawa si kecil ke dokter mata atau layanan kesehatan. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan mata, meresepkan kacamata dan lensa kontak. 


Cara Terapi Mata Minus untuk Pencegahan Rabun Jauh

 

Siapapun tentu tidak ingin orang-orang tercinta mengalami rabun jauh, ya? Terlebih lagi buah hati yang masih belia. 

Jangan khawatir, Anda bisa melakukan terapi mata minus sebagai pencegahan dan meningkatkan penglihatan agar mata minus tidak semakin bertambah. Ikuti tipsnya berikut:  


1. Relaksasi mata

 

Langkah pertama untuk mencegah sakit mata minus bertambah adalah melakukan kebiasaan rutin untuk relaksasi mata. Caranya mudah, yaitu mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali ketika membaca buku atau melihat layar komputer. 

Aturan ini dikenal dengan istilah “metode 20-20-20”, di mana Anda dapat melihat objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kenyamanan visual.

Sebagai contoh, ketika Anda sudah bekerja 20 menit mengetik di depan komputer, istirahatkan mata dengan melihat-lihat objek seperti tanaman hijau berjarak 6 meter selama 20 detik. Mudah, kan!


2. Mengonsumsi makanan bergizi

 

Tak mau anak mengalami mata minus? Kalau begitu, pastikan asupan nutrisinya terjaga, terutama perbanyak sayuran dan buah mengandung vitamin A dan beta karoten. Ada banyak makanan yang mendukung kesehatan mata. Contohnya minyak hati ikan kod, wortel, salmon, tomat, hati sapi, labu, dan ubi jalar. 

Tak cuma itu, terdapat enam nutrisi lain yang berperan penting menjaga kesehatan mata. Di antaranya omega 3, vitamin E, lutein, dan seng. Nutrisi tersebut bisa didapat dengan mengonsumsi kuning telur, ikan salmon, dan buah kiwi. 


3. Mengedipkan mata

 

Tahukah Anda, berkedip juga bisa membantu melatih otot-otot mata agar mencegah mata rabun, lho! Latihan mata ini dapat dilakukan di rumah, di kantor, atau dimanapun. 

Pertama, duduklah dalam posisi nyaman, kemudian lakukan gerakan kedipan cepat sebanyak 10 kali. Lalu, tutup mata selama 20 detik. 

Ulangi latihan mata berkedip ini 5 sampai 10 kali ketika ingin meredakan kelelahan mata setelah bekerja di depan komputer atau membaca buku.


4. Menghindari screen time yang berlebihan

 

Screen time atau waktu layar adalah istilah untuk menyebut durasi waktu yang dipakai untuk bermain gadget/ perangkat elektronik seperti komputer dan ponsel. 

Sebaiknya, hindari waktu layar berlebihan karena menyebabkan kelelahan mata, mata memerah, dan iritasi mata. 

Maka itu, disarankan agar Anda mengatur waktu istirahat mata beberapa saat ketika bekerja di depan komputer atau bermain ponsel. Hal ini akan mencegah ketegangan otot mata yang berlebihan. 


5. Istirahat/ tidur cukup

 

Istirahat yang cukup, terutama tidur malam, memiliki dampak besar pada kesehatan mata. Disarankan untuk mendapatkan 7-8 jam tidur per hari dan menghindari melihat layar elektronik sebelum tidur. 

Tidur yang cukup memberikan kesempatan bagi mata untuk pulih dan mempersiapkan diri beraktivitas visual lagi pada hari berikutnya.


6. Menghabiskan waktu di luar ruangan

 

Sesekali, anak-anak juga perlu diajak bermain di luar ruangan untuk sejenak melupakan game online atau bermain ponsel. Hal ini sangat membantu terapi mata minus. 

Dengan menyeimbangkan antara waktu layar (screen time) dan waktu di luar ruangan, kita dapat mencegah mata minus dan melindungi penglihatan buah hati tercinta saat mereka tumbuh. 


Pencegahan Mata Minus dengan Alat Terapi Mata Minus IBRITE JACO

 

Mata sering lelah akibat bekerja di depan komputer? Atau, penglihatan mulai buram melihat objek yang letaknya jauh? 

Jangan menyepelekan kesehatan sepasang mata Anda yang sangat berharga. Kita bisa melatih kekuatan otot siliaris mata agar lebih rileks dan sehat dengan alat terapi mata, seperti iBrite JACO


Kenapa Anda wajib menggunakan iBrite JACO? 

 

Karena cuma iBrite yang didukung teknologi pelatihan 3D untuk melatih otot siliaris mata dengan cara berganti fokus antar titik dan jarak melalui cahaya 3D yang bergerak berulang-ulang. Latihan ini akan membantu otot siliaris mata menjadi lebih elastis dan bantu mencegah & mengatasi mata minus, mata plus, serta mata silinder. 

Terapi mata minus dengan iBrite juga dilengkapi eye pad atau tissue khusus yang berfungsi memaksimalkan penggunaan iBrite untuk terapi mata, memberikan relaksasi mata, serta mengurangi kantung hitam di sekitar area mata. Tisu ini memiliki kandungan bahan alami, seperti ekstrak rumput laut, inti sari bunga, dan ekstrak daun mint untuk menambah sensasi kesegaran mata. 

Selain itu, iBrite JACO memiliki simulasi elektrik Digital Acupunture pada 7 titik rea mata. Pijatan akupuntur dapat mengatasi serta mencegah keluhan mata minus, plus, dan silinder karena membantu meregangkan otot siliaris mata agar tidak kaku dan semakin rileks. 

Fungsi mata juga semakin optimal dengan fitur Vibration yang befungsi melancarkan sirkulasi peredaran darah di sekitar area mata. Membuat mata lebih fokus serta mencegah berbagai gangguan mata. 


Cara memakai iBrite

 

Penggunaannya iBrite JACO sangat mudah bagi anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Cukup dipasangkan pada mata lalu rekatkan tali strap karet melingkar di kepala agar lebih nyaman. 

Jangan lupa, masukkan satu lembar tisu pada bagian elektroda untuk melakukan terapi mata minus 15-30 menit per hari.  

***


Itulah dia informasi bermanfaat mengurangi mata minus agar Anda dan orang-orang tersayang memiliki mata fokus dan sehat. Yuk, dapatkan iBrite hanya di JACO Official Store. Info lebih lanjut silakan Whatsapp 6282360842222 Customer Service JACO hari ini!

    Tinggalkan pemikiran Anda di sini

    Harap dicatat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Related Posts

    January 31, 2024
    Alasan Penting Pakai Sandal Refleksi dengan Titik Refleksi Empuk

    Sandal refleksi terapi kesehatan merupakan sandal inovatif yang memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada kaki. Dengan efek tekanan...

    Baca lebih lanjut
    January 29, 2024
    Sandal Refleksi Empuk Bikin Aktif Bergerak Meski Berusia Lanjut

    Kata siapa usia tua itu menjadi alasan untuk berhenti menjalani hobi? Justru sebaliknya, tak peduli berapapun usia kita,...

    Baca lebih lanjut
    Drawer Title
    Coupon
    Produk Serupa