icon Mudah dan Efektif, Coba 10 Kebiasaan Rutin untuk Redakan Low Back Pain Loncat ke konten
Mudah dan Efektif, Coba 10 Kebiasaan Rutin untuk Redakan Low Back Pain

Mudah dan Efektif, Coba 10 Kebiasaan Rutin untuk Redakan Low Back Pain

on

 

Kebanyakan orang yang menderita low back pain atau sakit pinggang belakang mengeluhkan susah beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.  Misalnya saja, ketika akan bangun tidur, duduk, bangkit dari kursi, dan sebagainya. Itulah mengapa, Anda perlu segera menerapkan beberapa keseharian  sebagai salah satu cara meredakan nyeri pinggang

Aktivitas sehari-hari yang dilakukan juga bisa berkontribusi pada cara menyembuhkan saraf kejepit serta pencegahan low back pain yang efektif dan mudah. Jika Anda menderita nyeri pinggang atau saraf kejepit, mari simak kebiasaan harian berikut ini!


Keseharian yang Bisa Dilakukan Atasi Sakit Pinggang & Saraf Kejepit 

 

Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari dapat membantu dalam hal penanganan saraf kejepit dan nyeri pinggang. Meskipun begitu, sebagian juga masih  bingung bagaimana memulainya. Berikut adalah beberapa idenya:


1. Awali aktivitas pagi dengan peregangan ringan

Setelah tidur berbaring sepanjang malam, peregangan otot ringan bisa meningkatkan aliran sirkulasi darah dan mobilitas sendi. Banyak orang yang mengalami sakit pinggang atau saraf kejepit mulai kambuh saat bangun tidur di pagi hari. 

Oleh karena itu, disarankan melakukan gerakan perlahan dan lembut, seperti senam Tai Chi atau yoga ringan. Sebaiknya, hindari gerakan ekstrim apapun dan fokuslah pada peregangan tulang belakang.  


2. Pakailah sepatu nyaman 

Memang, sepatu hak tinggi membuat Anda tampil cantik dan kaki terlihat lebih jenjang. Sayangnya, sepatu dengan hak di atas 2.5 cm dapat meningkatkan tekanan pada punggung dan memicu sakit tulang belakang. 

Seiring waktu, kebiasaan memakai sepatu hak tinggi akan mengubah postur dan cara Anda berjalan. Maka itu, pilih kenyamanan ketimbang gaya dengan memakai sepatu dengan cushion yang empuk atau sepatu hak rendah sebagai alas kaki. 


3. Berjalan selama 10 menit

Ingin meredakan nyeri punggung tapi malas olahraga? Cobalah latihan ringan saja seperti berjalan kaki selama 10 menit. Jalan kaki bukan hanya baik untuk jantung, melainkan dapat meringankan nyeri punggung atau sakit tulang belakang. 

Berjalan kaki santai setiap hari selama 10-15 menit dapat mengendurkan ketegangan otot saraf punggung sehingga lebih rileks dan nyaman. 


4. Beristirahat setiap 30 menit saat duduk lama

Aktivitas rutin seperti menonton televisi atau duduk di depan komputer selama berjam-jam memiliki dampak negatif, termasuk memicu nyeri tulang belakang. Meskipun awalnya tidak merasakan masalah apa-apa, lama-kelamaan punggung akan terasa kaku dan pegal. 

Ingatlah aturan umum ini, cobalah berjalan atau berdiri setiap 30 menit untuk meregangkan dan mengendurkan otot ketika harus duduk lama. 


5. Mengubah posisi tidur

Pernahkan Anda merasa tulang belakang nyeri dan sakit ketika bangun tidur? Ternyata, hal ini juga dialami banyak orang akibat salah tidur, lho! Para ahli merekomendasikan agar kita tidur miring atau telentang serta hindari tidur tengkurap. Mengapa begitu? Jika kita tidur tengkurap, tulang belakang dan otot punggung akan semakin tertekan. 

Selain itu, ketika tidur miring atau telentang disarankan menaruh bantal di antara lutut. Hal ini berfungsi untuk menempatkan tulang belakang dalam posisi lebih nyaman dan mengurangi tekanan pada sendi pinggang, pinggul, serta tulang belakang. 


6. Minum air secukupnya agar tetap terhidrasi

Siapa nih yang suka minum air putih? Teruskan kebiasaan baik Anda! Minum sedikitnya 2 liter per hari dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Semua cairan yang kita konsumsi akan menuju otak dan mengalir ke sendi-sendi tulang. 

Agar lebih mudah, Anda bisa membawa sebotol air minum di tas agar mudah mengonsumsi setiap saat. Atau, tempatkan botol air di meja kerja dan perbanyak konsumsi buah untuk menambahkan cairan ke dalam tubuh secara praktis. 


7. Mengonsumsi makanan tinggi kalsium

Selain minuman, makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D juga berdampak pada kesehatan tulang dan sendi. Ditambah lagi, jika kita mengonsumsi makanan anti-inflamasi seperti sayuran, jamur, dan teh hijau bisa mengurangi nyeri pinggang dan sakit tulang belakang sambil menjaga nutrisi tubuh yang sehat. 

Adapun contoh makanan tinggi kalsium adalah susu, sayuran daun hijau, yogurt, daging, kuning telur, dan keju. 


8. Stop merokok

Anda mungkin bertanya, “apa kaitannya low back pain dan berhenti merokok?” Jawabannya sederhana, rokok mengandung nikotin yang bisa menghambat aliran darah di tulang belakang. 

Selain itu, merokok juga menyebabkan kadar oksigen dalam darah berkurang. Hal ini akan menghambat peredaran nutrisi otot dan tendon di punggung dan meningkatkan risiko cedera otot yang memicu low back pain.


9. Cukup tidur

Jika Anda mengalami sakit pinggang belakang atau sakit tulang belakang, mungkin sulit tidur nyenyak sepanjang malam. Salah satu cara agar bisa meredakan nyeri pinggang dan tidur nyaman adalah memilih kasur dan bantal yang memadai. 

Bantal atau kasur yang tepat dapat membuat posisi tidur lebih nyaman sehingga tulang belakang tidak terasa sakit. Andapun bisa tidur pulas setiap malam!


10. Terapi panas

Punggung dan pinggang belakang terasa nyeri akibat duduk lama? Cobalah kompres area tersebut memakai air panas. Kompres air panas dapat mengurangi rasa nyeri yang meradang dan membantu relaksasi otot serta meningkatkan sirkulasi darah. Terapkan kompres air panas selama 10 menit dan lakukan beberapa kali hingga nyeri pinggang mereda.  

 

Bantal Terapi Jaco, Atasi Nyeri Pinggang Bantu Proses Penyembuhan Saraf Terjepit

 

Otot pinggang sering terasa kaku dan nyeri ketika beraktivitas? Inilah saatnya, Anda pakai bantal terapi sakit pinggang, yaitu bantal terapi panas JACO Lumbar Pillow.  

Bantal Terapi Lumbar Pillow dirancang dengan fitur modern yang dapat menyesuaikan lengkungan tubuh pengguna. Efektif dan nyaman sebagai bantal terapi untuk pinggang dan mengembalikan kelengkungan alami tulang belakang. Berikut keunggulan JACO Lumbar Pillow: 

  • Lumbar Pillow dirancang untuk membantu mengurangi rasa nyeri di area pinggang.
  • Membantu mengembalikan kelengkungan alami tulang belakang, yang penting untuk kesehatan tulang belakang.
  • Lumbar Pillow membantu merelaksasikan otot pinggang yang  tegang atau kaku.
  • Dengan penyesuaian lengkungan alami  tulang belakang, produk ini membantu meregangkan tulang belakang dan  meningkatkan fleksibilitas.
  • Membantu pengguna dalam proses penyembuhan syaraf terjepit.

Terbuat dari bahan kulit sintetis yang tahan lama dan mudah dibersihkan, JACO alat terapi pinggang didesain ergonomis dan bentuknya menyesuaikan dengan lengkungan alami tulang belakang manusia untuk mengatasi masalah nyeri pinggang dan saraf kejepit. Di samping itu, produk JACO Lumbar Pillow dilengkapi air pump sehingga pengguna bisa menyesuaikan ketinggian bantal dengan lengkungan tulang belakang mereka. 

Komposisi Sinergy Tray Lumbar Pillow dari 100% Polyester dengan beludru yang halus. Di dalamnya, mengandung intisari berbagai macam tumbuhan untuk membantu relaksasi otot dan penyembuhan saraf kejepit. 


Nah, apalagi yang Anda tunggu, jangan biarkan rasa nyeri pinggang mengganggu aktivitas harian Anda! Dapatkan produk Lumbar Pillow sekarang hanya di website resmi JACO dan buktikan sendiri khasiatnya untuk kesehatan tulang belakang Anda! 

Info detail produk, Anda juga dapat menghubungi Customer Service JACO di nomor Whatsapp: +62 823-6084-2222.
    Tinggalkan pemikiran Anda di sini

    Harap dicatat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

    Related Posts

    January 31, 2024
    Alasan Penting Pakai Sandal Refleksi dengan Titik Refleksi Empuk

    Sandal refleksi terapi kesehatan merupakan sandal inovatif yang memberikan tekanan pada titik-titik tertentu pada kaki. Dengan efek tekanan...

    Baca lebih lanjut
    January 29, 2024
    Sandal Refleksi Empuk Bikin Aktif Bergerak Meski Berusia Lanjut

    Kata siapa usia tua itu menjadi alasan untuk berhenti menjalani hobi? Justru sebaliknya, tak peduli berapapun usia kita,...

    Baca lebih lanjut
    Drawer Title
    Coupon
    Produk Serupa